Home » Blog » Mari Kita Cari Tahu Tentang KATARAK

Mari Kita Cari Tahu Tentang KATARAK

KATARAK vs STEMCELL

Katarak adalah perubahan lensa mata yang sebelumnya jernih dan tembus cahaya menjadi keruh. Katarak menyebabkan penderita tidak bisa melihat dengan jelas karena dengan lensa yang keruh cahaya sulit mencapai retina dan akan menghasilkan bayangan yang kabur pada retina.

Gejala umum gangguan katarak

  • Penglihatan buram atau berkabut, bahkan tidak bisa melihat sama sekali
  • sensitive terhadap sinar atau cahaya
  • sering berganti kacamata, karena ukurannya mudah berubah
  • pada keadaan terang mata terasa silau
  • penglihatan diruangan sedikit pengcahayaan lebih jelas dibandingkan di ruangan terang

sebagian besar katarak terjadi karena proses degenerative. Usia rata-rata terjadinya katarak adalah pada umur 60 tahun keatas. Akan tetapi katarak dapat pula terjadi pada bayi karena sang ibu terinfeksi virus pada saat hamil muda.

Penyebab katarak

  • Mata tanpa pelindung terkenan sinar matahari (UV) dalam waktu yang cukup lama.
  • Penyakit sistemis, misalnya diabetes
  • Operasi mata sebelumnya
  • Trauma pada mata
  • Dan faktor-faktor lainnya

Langkah Pengobatan Katarak Pada Manula

Kacamata dan lampu yang lebih terang mungkin bisa membantu katarak yang ringan. Meski demikian, katarak akan berkembang seiring waktu dan akhirnya penderita akan membutuhkan operasi.

Satu-satunya langkah pengobatan yang terbukti paling efektif adalah operasi. Efek penyembuhan dari operasi akan sangat signifikan, terutama bagi penderita dengan kondisi katarak yang sudah menghambat kegiatan sehari-hari.

Dalam operasi katarak, lensa yang keruh akan diangkat dan digantikan dengan lensa plastik bening. Operasi tersebut biasanya dilakukan dengan pembiusan lokal agar mata Anda menjadi mati rasa.

Usai operasi, dokter umumnya akan menganjurkan penggunaan dua jenis obat tetes mata. Obat tetes yang mengandung antibiotik untuk mencegah infeksi dan yang mengandung steroid guna mengurangi pembengkakan.

Di samping penggunaan obat tetes mata, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari selama masa pemulihan. Hal ini dilakukan guna mencegah infeksi maupun komplikasi. Aktivitas-aktivitas yang harus dijauhi tersebut meliputi menggosok mata, berenang, aktivitas fisik yang berat (seperti menggendong anak atau menggeser perabotan), serta menggunakan kosmetik pada mata (misalnya, eyeliner atau eyeshadow). Anda juga perlu berhati-hati menjaga kebersihan mata saat berada di tempat yang berangin dan berdebu serta saat keramas.

Meski pemulihan dari operasi akan membutuhkan beberapa waktu (dari beberapa hari hingga minggu), hampir semua orang yang menjalaninya akan merasakan peningkatan pada penglihatan mereka. Penderita biasanya bisa kembali melakukan rutinitas secara normal dalam waktu dua minggu setelah operasi.

Pemakaian kacamata juga mungkin akan diperlukan untuk membantu penglihatan jauh atau dekat. Sama halnya jika Anda telah berkacamata, ukuran lensa bisa berubah. Disarankan untuk menunggu pemulihan sampai selesai sebelum membuat kacamata baru.

Perkembangan Baru Dalam Pengobatan Katarak

Seiring dengan perkembangan teknologi, operasi pengangkatan katarak sekarang bisa dilakukan dengan proses komputerisasi. Dalam proses ini, sinar laser khusus akan dipandu melalui gambar tiga dimensi sehingga sayatan bisa lebih akurat sesuai dengan petunjuk dari ahli bedah. Selain keakuratan, beberapa ahli juga menyebutkan bahwa prosedur ini berpotensi mempersingkat durasi operasi katarak.

STEMCELL ( cara alamiah tanpa operasi)

Apakah stemcell dapat mengatasi KATARAK??

Stemcell (sel induk/sel hidup) adalah hasil pertemuan antara sel sperma dan sel telur yang merupakan cikal bakal terbentuknya seluruh organ tubuh termasuk mata.

Sebagi PENCIPTA seluruh organ tubuh beserta dengan sistemnya. Tentu hanya stemcell yang memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan organ yang diciptakanya sendiri. Terbukti stemcell mampu memulihkan organ yang rusak kembali sehat dan berfungsi optimal.

Baca juga :

Stemcell tidak berhadapan langsung dengan penyakit tetapi stemcell memperbaiki dan menaikan fungsi organ secara optimal pada tubuh kita sehingga organ sendiri yang akan menyelesaikan masalah kesehatan apapun yang terjadi pada tubuh kita termasuk KATARAK.

baca juga artikel mengenai sakit degeneratif organ

Oey Windy Sunara

-Sharing is Blessing-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

THALASEMIA vs Stemcell

Thalasemia vs Stemcell

Thalasemia adalah penyakit bawaan yang diturunkan dari salah satu orang tua kepada anaknya sejak masih ...