Home » Blog » RETINOPATI DIABETIKA WAJIB ANDA BACA!!!

RETINOPATI DIABETIKA WAJIB ANDA BACA!!!

RETINOPATI DIABETIKA VS STEMCELL

Retinopati diabetika adalah salah satu penyebab utama kebutaan dan penderita diabetes 25 kali lebih besar kemungkinan terjadinya kebutaan dibandingkan dengan orang yang tidak menderita diabetes.

Retinopati diabetika adalah penyakit pembuluh darah retina yang disebabkan oleh diabetes mellitus. Retina adalah lapisan saraf yang melapisi dinding dalam bola mata yang berfungsi menerima cahaya atau objek dan mengirimkan gambaran tersebut ke otak.

Angka kejadian retinopati diabetika bergantung pada lamanya menderiata diabetes  diantaranya pasien yang menderita diabetes selama 10 tahun, 50 persen akan menderita penyakit ini. Penyakit ini merupakan penyebab kebutaan terbanyak dikalangan dewasa aktif dan di Negara maju.

Jenis-jenis retinopati diabetika

  1. NPDR ( Non- proliferative diabetic retinopathy)

Adalah bentuk awal retinopati diabetika. Pembuluh darah retina yang halus mengalami kebocoran berupa cairan dan darah ke retina, akibatnya retina membengkak dan membentuk deposit yang disebut eksudat.

Penderita NPDR ringan cukup banyak dan umumnya tidak menyebabkan gangguan penglihatan. Pengliahatan baru terganggu apabila sudah terjadi edema (bengkak) atau iskemia pada pusat retina (macula)

  1. PDR ( proliferative diabetic retinopathy )

Merupakan perkembangan lanjut dari NPDR. Pada PDR terjadi pertumbuhan pembuluh darah baru ( neovaskularisasi) yang abnormal pada permukaan retina dan saraf optic. Ancaman kebutaan pada pasien ini diakibatkan oleh komplikasi sebagai :

Pendarahan viterus yaitu pembuluh darah baru bersifat rapuh, mudah robek dan dapat menyebabkan pendarahan kedalam vitreus ( bahan gel bening yang mengisi bola mata). Pendarahan yang banyak dapat menyebabkan terhalangnya penglihatan secara total.

Seringkali pertumbuhan pembuluh darah baru ini disertai pembentukan jaringan parut ( scar tissue) yang bersifat mengkerut, sehingga dapat menarik  retina dan dapat mengakibatkan lepasnya retina (ablasi retina traksional). Kondisi ini dapat menyebabkan kebutaan pada pasien.

Pertumbuhan pembuluh darah baru dapat terjadi di iris (selaput pelangi mata) dan menghambat aliran keluar cairan mata. Akibatnya tekanan bola mata akan meningkat. Kondisi ini disebut glaucoma neovaskuler dan merupakan penyakit mata yang berat kondisi ini berakibat kebutaan.

Cara mengetahui penderita retinopati diabetika

Khusus untuk pasien penderita diabetes wajib memerikasakan mata lengkap oleh dokter mata. Sering kali dokter mata dapat menemukan tanda-tanda retinopati diabetika sekalipun belum ada gejala gangguan penglihatan. Dalam pemeriksaan, ,mata pasien akan ditetes obat untuk melebarkan pupil, sehingga memungkinkan dokter untuk melihat kedalam bola mata guna mengamati retina, vitreus dan saraf optik.

Pengobatan penderita retinopati diabetika

  1. Kontrol diabetes melitus

Artikel untuk diabetes dapat dibaca klik DIABETES.

  1. Laser fotokoagulasi

Biasanya secara umum penderita retinopati diabetika melakukan  laser fotokoagulasi. Tindakan ini menggunakan berkas sinar laser berenergi ke daerah retina yang terganggu, untuk menutup pembuluh darah yang bocor atau ditunjukan ke daerah yang kurang suplai darahnya guna mencegah pertumbuhan darah yang baru. Dan pada biasanya pengobatan dengan laser ini tidak dapat dilakukan satu kali.

  1. Terapi stemcell (cara alamiah)

Stemcell (sel induk/sel hidup) adalah hasil pertemuan antara sel sperma dan sel telur yang merupakan cikal bakal terbentuknya seluruh organ tubuh termasuk mata.

Sebagai PENCIPTA seluruh organ tubuh beserta dengan sistem nya. Tentu hanya stemcell yang memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan organ yang diciptakannya sendiri. Terbukti stemcell mampu memulihkan organ yang rusak kembali sehat dan berfungsi optimal.

Baca juga :

Stemcell tidak berhadapan langsung dengan penyakit tetapi stemcell memperbaiki dan menaikan fungsi organ secara optimal pada tubuh kita sehingga organ sendiri yang akan menyelesaikan masalah kesehatan apapun yang terjadi pada tubuh kita termasuk RETINOPATI DIABETIKA yang awalanya disebabkan karena pasien penderita DIABETES.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

THALASEMIA vs Stemcell

Thalasemia vs Stemcell

Thalasemia adalah penyakit bawaan yang diturunkan dari salah satu orang tua kepada anaknya sejak masih ...