Home » Stem cell » Perhatikan! Jangan Asal Menggunakan Stem Cell untuk Kecantikan
stem cell untuk kecantikan

Perhatikan! Jangan Asal Menggunakan Stem Cell untuk Kecantikan

Stem cell untuk kecantikan – Metode perawatan kecantikan menggunakan stem cell memang sudah sering ditawarkan pada masa ini. Manfaatnya yang telah dibuktikan oleh dunia kesehatan seperti bisa mengobati penyakit diabetes, alzheimer, cerebral plasy sampai beberapa telah membuktikan bahwa stem cell bisa membuat kulit menjadi awet muda.

Tapi dari sekian banyak stem cell yang ditawarkan di pasaran, ternyata stem cell yang yang ditawarkan bukanlah stem cell hidup yang dianjurkan. Karena hal inilah konsumen juga merasa tertipu karena bukanlah mendapatkan manfaat dari stem cell malah mendapatkan efek samping dari cairan yang dimasukan ke dalam tubuh.

“Banyak klinik kecantikan yang menjual stem cell tapi sebaiknya masyarakat tidak boleh percaya begitu saja bahwa itu adalah stem cell asli. Karena untuk penyediaan stem cell banyak syarat yang harus dipenuhi, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah penyimpanan harus khusus dan sumber sel itu harus jelas” pernyataan ini dikemukakan oleh spesialis bedah plastik, Dr. Fonny Josh, SpBP-RE(KBM), di jakarta.

Seperti halnya manusia, stem cell juga memerlukan media khusus untuk hidup, serta makanan setelah stem cell disuntikan ke dalam tubuh manusia. Untuk media penyimpanan, lanjut Dia, stem cell yang juga dikenal umum dengan nama sel punca harus disimpan dalam lemari pendingin bersuhu – 196 derajat celcius

“Jika stem cell ditaruh begitu saja di luar lemari pendingin, maka stem cell akan mati” Lanjutnya.

Oleh karena itu beliau menghimbau kepada masyarakat agar tidak sembarangan dalam melakukan perawatan menggunakan stem cell di klinik kecantikan, apalagi yang menangani bukanlah dokter spesialis bedah plastik. Maka tidak heran jika perawatan kecantikan menggunaka stem cell asli bisa memakan biaya hingga puluhan juta rupiah.

Perawatan stem cell jika asalnya menggunakan lemak, bisa memakan biaya hingga 60 – 90 juta rupiah karena ada proses operasi di dalamnya. Namun jika dari darah tali pusat akan memakan biaya lebih murah karena tidak perlu operasi” Tambahnya.

Stem cell yang disuntikan ke dalam tubuh nantinya akan meregenerasi sel sel lama yang telah mati, sumber sel hidup itu sendiri yang digunakan sebagai sumber stem cell bisa diambil dari darah, ari-ari, lemak, hati sampai sum sum tulang.

Baca juga:

“Dianjurkan untuk menyimpan sel hidup untuk stem cell pada saat muda. Setelah membutuhkannya pada usia tua bisa digunakan kembali, hal ini jika stem cell diambil pada saat sel yang telah tua maka efeknya tidak seampuh jika menggunakan sel sel yang berusia muda” Imbuhnya

Nah bagi Anda yang akan menggunakan stem cell untuk kecantikan, harus waspada atau hati-hati tidak boleh sembarangan dalam memilih tempat terapi menggunakan stem cell. Anda bisa membaca artikel lainnya tentang Terapi Stem Cell untuk Pengobatan di Berbagai Rumah di Sakit Indonesia.

Lihat video menarik berikut tentang stem cell untuk kecantikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kenapa Harus Stemcell Therapy??

Mengapa Terapi Sel Berbeda dari yang lainnya? Terapi sel adalah satu-satunya perawatan untuk menstimulasi sistem ...