Home » Stem cell » Terapi Stem Cell untuk Pengobatan di Berbagai Rumah di Sakit Indonesia
terapi stem cell untuk pengobatan

Terapi Stem Cell untuk Pengobatan di Berbagai Rumah di Sakit Indonesia

Terapi stem cell untuk pengobatan – Salah satu laboraturium di Indonesia yang telah memiliki legalitas untuk pengolahan sel punca adalah laboraturium ReGenic (Regenerative and Cellular Therapphy), laboraturium ini merupakan laboraturium pertama di Indonesia.

Di Indonesia, stem cell memang masih diketahui untuk beberapa kalangan saja atau kalangan menengah ke atas, hal ini karena perangkat teknologi yang terbatas sehingga pengobatan ini tergolong pengobatan yang cukup mahal.

Praktek terapi stem cell ini pertama kali dipraktekan di negeri paman sam sekitar tahun 2005, sedangkan untuk di Indonesia pertama ada metode pengobatan seperti ini adalah tahun 2007, yakni oleh penderita penyakit jantung di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Sedangkan sutradara iqbail rais yang divonis kanker darah pada 2011, adalah menjadi pasien pertama yang melakukan terapi ini di kota surabaya sekitar bulan september 2011.

Menurut Yuyus Kusnadi, PhD, Head of Laboratory KALBE Group, praktek stem cell yang telah diijinkan di Indonesia adalah dengan mengambil material stem cell yang diperoleh dari tubuh pasien sendiri yang biasa disebut dengan antologus. Untuk melakukan terapi stem cell, bisa menggunakan beberapa bagian tubuh pasien, misalnya adalah sum sum tulang belakang, lemak, tali pusar sampai dengan darah.

Proses pengambilan serta pengembangbiakan stem cell bisa dikatakan cukup mudah. Setelah beberapa mingu, sel akan berkembang biak menjadi berkali kali lipat, tapi yang menjadi masalah apakah sel yang telah berlipat ganda tersebut steril atau tidak dan bisa diinjeksikan ke dalam tubuh manusia. Masalah kebersihan dan sterilisasi sel yang harus diperhatikan dan dijaga saat proses ini” demikian kata Yuyus.

Di indonesia sendiri stem cell dilakukan dengan mengambil stem cell dari tubuh pasien, di negara tiongkok, terapi ini diijinkan untuk mengambil material yang diperoleh dari janin bayi yang sengaja digugurkan oleh ibu mereka, mengingat pemerintah negeri tirai bambu membatasi keluarga untuk memiliki anak. Sedangkan di negara Jerman, praktik menggunakan stem cell mengambil material stem cell dan binatang.

Tentang terapi menggunakan stem cell yang menggunakan bagian tubuh binatang, Yuyus menjelaskan bahwa biasanya hewan yang digunakan untuk diambil material stem cell adalah kelinci, rusa atau domba, sedangkan di negara Australia, hewan yang biasa digunakan adalah kangguru. Karena di Jerman memang pemerintah tidak mengijinkan praktek stem cell dengan cara mengambil material stem cell dari manusia.

Terapi Stem cell untuk pengobatan Alternatif Stroke hingga Kecantikan

Yayus mengatakan bahwa terapi menggunakan stem cell ini bisa membantu berbagai macam keluhan pada kesehatan, mulai dari penyakit seperti stroke sampai untuk kecantikan agar, masuknya stem cell yang masuk ke dalam tubuh manusia memang membantu meregenerasi sel tubuh yang rusak menjadi sel baru yang akan membuat tubuh lebih sehat sehingga terlihat lebih muda.

Agar hasilnya maksimal maka dalam memasukan stem cell ke dalam tubuh maka harus ada perantara agar stem cell bisa masuk sesuai dengan target yang ingin dicapai. Misalnya saja jika stem cell dimasukan ke dalam tubuh menggunakan infus, maka dikawatirkan stem cell tidak akan mencapai organ yang ditargetkan.

Hal ini terjadi karena stem cell yang telah masuk ke dalam tubuh akan mencari organ rusak terdekat terlebih dahulu atau yang perlu diperbaiki, oleh karena itu bisa jadi stem cell ini akan habis sebelum mencapai organ yang ditargetkan.

Pada saat ini sepertinya pengobatan menggunakan stem cell mulai dipromosikan ke kalayak umumu, bukan hanya untuk masalah medis semata, namun juga dipromosikan untuk urusan bisnis. Apalagi di Jakarta sudah banyak muncul klinik – klinik kecantikan yang menawarkan jasa kecantikan menggunakan terapi stem cell pada pasien mereka. Bahkan menurut kabar yang telah berkembang, sebuah klinik kecantikan ternama asal negara jerman berencana untuk membuka cabang di Jakarta.

11 Rumah Sakit yang Menerapkan Stem Cell

Di negara kita, untuk pengobatan menggunakan terapi stem cell masih dalam tahap penelitian, sekarang hanya 11 rumah sakit yang menjadi pusat pengembangan pelayanan medis dan pendidikan stem cell.

Sebelas rumah sakit tersebut adalah

  1. Rs Cipto Mangunkusumo sebagai pembina,
  2. Rs Dr Soetomo sebagai pembina
  3. Rs Dr. M Djamil, Padang
  4. Rs Jantung Harapan Kita, Jakarta
  5. Rs Fatmawati
  6. Rs Kanker Dharmis
  7. Rs Persahaban
  8. Rs Dr. Hasan Sadikin, Bandung
  9. Rs Dr. Sardjito, Yogyakarta
  10. Rs Dr. Karyadi, Semarang
  11. Rs Sanglah, Bali

Sejauh ini terapi stem cell untuk pengobatan menggunakan sel di Indonesia telah diterapkan pada penyakit jantung serta radang sendi. Di indonesia sejumlah 30 orang telah menjalani terapi stem cell untuk jantung maupun sendi lutut.

Baca juga :

Hasilnya pun ada, misalnya adalah lutut rusak di tulang rawan setelah menggunakan terapi stem cell ternyata hasilnya menumbuhkan kembali tulang rawan, lutut kembali bisa digerakan, bisa berjalan kemudian sama halnya dengan jantung.

Selain itu pengobatan menggunakan stem cell di indonesia masih cukup tinggi peminatnya, meskipun diakui bahwa pengobatan menggunakan stem cell memiliki biaya yang cukup tinggi yakni mencapai ratusan juta rupiah. Berdasarkan penelitian selama ini, stem cell aman untuk tubuh manusia, bahkan efek samping menggunakan stem cell bisa berbuah manfaat untuk masalah penuaan atau memberikan manfaat anti aging bagi kesehatan.

Resiko stem cell juga semakin kecil bila menggunakan sel dalam tubuh pasien sendiri, karena tidak ada penolakan dari tubuh pasien dari pengobatan menggunakan stem cell tersebut. Berbeda jika menggunakan sel orang lain yang bisa beresiko menjadi kanker. Oleh karena itu dokter akan sangat berhati-hati agar stem cell yang akan dimasukan tidak akan ditolak dalam proses terapi stem cell.

Demikian artikel tentang terapi stem cell untuk pengobatan yang bisa Anda lihat di Indonsia, semoga bermanfaat. Terima kasih

Simak video menarik berikut tentang stem cell

 

Selamat Membaca – Revolusikesehatan.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kenapa Harus Stemcell Therapy??

Mengapa Terapi Sel Berbeda dari yang lainnya? Terapi sel adalah satu-satunya perawatan untuk menstimulasi sistem ...